Carica Dalam Sirup "Sumbing Segar" Khas Wonosobo

Diposting oleh Aditya Ragil on Kamis, 26 Desember 2013

carica khas dieng


“CARICA / KARIKA Khas DIENG Wonosobo” Sirup yang terbuat dari buah carica ini selain unik rasanya juga segar untuk pengusir gerah. Selain enak diminum dingin, tambahan puding dan cocktail membuat rasanya makin enak.

Buah yang bernama latin Carica Pubescens atau juga dikenal sebagai Mountain Papaya. Konon buah yang hanya dapat tumbuh di tempat asalnya dataran tinggi Dieng ini lebih akrab dikenal sebagai gandul Dieng. Bentuknya mirip sekali dengan pepaya kecil, karena carica termasuk dalam family pepaya. Namun ukurannya buahnya termasuk kecil hanya kira-kira sekepalan tangan orang dewasa.

Tidak seperti pepaya yang bisa dinikmati segar, carica jarang sekali dinikmati langsung. Biasanya selain dibuat sebagai manisan, buah ini diolah menjadi selai, sirup, dan jus. Carica yang sudah matang biasanya berwarna hijau kekuningan dengan aroma wangi yang khas.

Warna buahnya jika matang berwarna kuning keemasan dan kenyal. Setelah carica diolah menjadi sirup biasanya dijual dalam botol dan wadah kaca. Tidak hanya rasanya yang manis dan segar, carica juga memiliki kandungan vitamin C dan serat yang cukup tinggi. Tak heran kalau saat meneguk segarnya carica, para penikmat minuman khas Dieng ini juga memperoleh sejumlah manfaat kesehatan.
Hingga saat ini carica dieng menjadi salah satu makanan khas Kabupaten Wonosobo, yang banyak diminati wisatawan.


Untuk Informasi dan pemesanan silahkan hubungi :

SMS : 081903990999
Pin BB : 2A55BEB7 / 265FDEB1
Whatsapp : 087834023065

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar