Manfaat Carica Bagi Tubuh

Diposting oleh Aditya Ragil on Kamis, 26 Desember 2013

Jika dilihat dari varian dan jenisnya tentu saja ada banyak manfaat vitamin dan enzim

pada buah carica. Hal itu bisa dipaparkan lantaran pada dasarnya buah carica ini tergolong mampu menyegarkan kembali badan kita.


carica
Carica digolongkan sebagai salah satu buah yang istimewa, langka dan unik.

Karenanya untuk mendapatkan buah carica tak akan segampang memperoleh buah lainnya. Selain itu meski wujud pohon carica tak jauh berbeda dengan pohon pepaya, namun sejatinya ada perbedaan mencolok diantara keduanya. Umur pohon carica yang mencapai angka 15 tahun tentu sangat berbeda dengan pepaya di sekitar kita. Belum lagi jika dilihat pada kekokohan kayunya, maka pohon carica tak serupa dengan pohon pepaya, karena pohon carica bisa dijadikan sebagai bahan kayu bakar.

Keistimewaan utama tentunya ada pada buahnya. Buah carica memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk tubuh, serta mengandung karoten yang tinggi.
Vitamin yang ada pada buah carica ditambah dengan kadar karotennya menurut para ahli ternyata bisa membantu memutus pembentukan radikal bebas. Selain itu vitamin-vitamin tersebut berfungsi juga untuk mencegah oksidasi pada molekul berbasis cairan, diantaranya adalah plasma darah.
Lebih jelas mengenai kandungan manfaat carica sebagai mutiara alam pemberian Tuhan ini adalah sebagai berikut;
  1. Selain kandungan gula, kenyataannya buah carica juga memiliki vitamin A dan vitamin C. Ada pula vitamin G, sehingga tepat sekali dikonsumsi oleh orang yang sedang memiliki permasalahan pada perut, termasuk asam lambung. Hal itu bisa terjadi lantaran buah carica juga teramat besar pengaruhnya dalam memperbaiki sistem pencernaan.
  2. Enzim papain menjadi salah satu kandungan buah carica, yaitu enzim yang difungsikan sebagai pencerna protein. Oleh karenanya, buah carica dapat dikonsumsi pada berbagai keperluan industri, baik pada kebutuhan industri  minuman, makanan, ataupun indistri farmasi.
  3. Di manca negara, buah carica muda dikeringkan, lalu dijadikan serbuk, dan kemudian digunakan sebagai bahan pembuat obat penyakit kulit.
  4. Serbuk buah carica muda tadi bisa juga dimanfaatkan sebagai bahan obat peluruh cacing, selain itu dimanfaatkan pula sebagai bahan kosmetik.
  5. Biji buah carica yang wujudnya serupa dengan biji markisa, selain bisa dimanfaatkan sebagai bahan cair kuah manisan carica, bisa juga dimanfaatkan sebagai obat peluruh kencing.
  6. Sebagaimana daun pepaya disekitar kita, maka daun carica juga mengandung karpaina. Sehingga daun carica bisa dimanfaatkan untuk mengurangi gangguan penyakit jantung, rambuan anti amuba, obat sesak napas, serta obat tekanan darah rendah.
  7. Yang terakhir, seperti pepaya pada umumnya, daun carica bisa juga dijadikan sebagai bahan yang direbus bersama daging. Fungsinya adalah sebagai bahan pelunak daging

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar